Ibukota Kertas

Minggu, September 14, 2014

            Sesuai judulnya, hari ini aku mau ngomongin tentang ibu kota negara saya tercinta ini, Jakarta. Satu hal yang mau aku bahsa kali ini adalah tingginya daratan dari permukaan laut. Kalian tau gak berapa ketinggiannya? 7m diatas permukaan laut DOANG. Bayangin dong 7! 7! 7! *zoom in* Menurut kalian apa itu ga rendah? Ya kalo kalian bayangin ke rumah yang berlantai 1 sih sama aja tingginya segitu. Lha kalo yg berlantai 2? 3? Bahkan gedung-gedung pencakar langit itu? Apa menutrut kalian itu gak terlalu rendah? Yaampun aku rasa emang Jakarta udah terlalu rapuh buat menjadi ibukota. Sekarang gedung-gedung udah semakin tinggi. Mal-mal itu udah kayak apaya pasar tradisional 30 tahun yg laludeh, ada dmana-mana. Sampe kita dapet rekor kok Negara dengan mall terbanyak. Apa kalian ga malu dengernya? Atau justru kalian bangga dengan “rekor” gajelas yang udah dinobatin ke kita. Kota terbersih didunia kek kali-kali *ngarepabis*.

            Dan yang aku masih bingung lagi adalah: Masih terlalu banyak gedung yang udah diproyeksikan untuk dibangun. Masih banyak lagi pemukiman-pemukiman kumuh yang bakalan digusur dan gaakan dibangun untuk pemukiman yang lebih layak buat mereka. Tapi buat… entahlah aku gamau negative thinking dulu deh skrg. “Lha, kalo kayak gitu trus penduduk yg awalnya tinggal disitu mau dikemanain?” THAT’S THE POINT! Ya aku ngomong gini ituya maksudnya begitu. Nah terus menurut kalian mau dikemanain? Terus menurut kalian dengan pemerintah melakukan penertiban berupa penggusuran itu para penduduknya langsung dapet rumah? Kalo ada sodara sih enak, lha kalo gaada? Mereka harus ngapain dong? Haruskah mereka bilang WOW sambil berenang di sungai ciliwung  Kalo yang mereka punya pekerjaan di deket situ daerahnya terus sodaranya jauh di Jakarta bagian lain, masa mau tetep “numpang” disana? Kan ngabisin ongkos jugakan?

            Kalo masalah penertibannya sih aku setuju lho, serius. Ya pemerintah gamau kan membahayakan penduduk yang tinggal di pemukiman kumuh, dan pastidong pemerintah berusaha menertibkan mereka ? Pemerintah juga lagi berusaha membersihkan Jakarta kan? Kalo itusih aku setuju. Tapi sebaiknya dibikin aja rumah susun. Udah kan ya? Bagus deh kalo gitu. Aku denger dari berita sih katanya sampe dikasih tunjangan kan ya, nah itu kurang. Mungkin mereka ngerasa kurang, bukan kurang beneran. Coba dulu aja diliat perkembangannya kalo tunjangannya segitu cukup apa engga kira-kira? Kalo anaknya banyak pasti harus dikasih tunjangan lebih. Jangan anak 12 ibu 1 bapak 1 jadinya 14 orang kantuh eh dikasih tunjangannya cuman 1.5jt buat setaun. Saya aja yang sendiri belum tentu cukup apalagi kan biaya hidup di Jakarta cukup tinggi. Oh iya kalo misalkan buat rumah susun diperhitungkan ya, ditambah lagi maksudnya. Kan yang digusur semakin banyak, kalo mau digusur ya sebelumnya rusun nya harus udah siap dulu okeoke? (:

“Kita itu kayak tinggal diatas kertas yang cuman nunggu waktu aja buat tenggelam”


Maaf kalo emang aku ada salah dalam menyusun kata-kata atau dari fakta yang aku keluarkan disini. Kalo memang ada yang harus dibenarkan, tolong comment aja nanti akan aku edit secepatnya yaaa. ^^

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Theme by: Pish and Posh Designs