Pengacara dan Uang

Rabu, Oktober 08, 2014

            Hari Senin, tanggal 6 Oktober 2014 lebih tepatnya, aku pergi ke sekolah lamaku, Altaqwa College Indonesia. Jadi kan hari Minggu itu abis ada perayaan Idul Qurban, nah rencana para tetua (ceilah tetua) SRC (istilah lain dari OSIS) itu wajib dateng ke sekolah, katanya mau ada penyembelihan hewan qurban. Tapi yang lain juga boleh dateng sih, jadinya karna rasa kangenku ini sudah hampir membludak meledak macam Gunung Krakatau, akhirnya aku sempetin buat kesana.

Nah ketika itu, ada 1 problema yang aku dapatkan. Dan problema itu adalah… *jeng jeng jeng*

Gaada yang bisa nganterin aku sampe Pegunungan Hambalang itu

Karena sekolahku terletak di pegunungan, aku takut kalo terjadi apa-apa pas lagi ondewey keatasnya karena yang nganterin aku pas itu emang lagi sakit. Jadi saat itu akhirnya aku nebeng deh ke salah satu temanku yang kebetulan banget belum berangkat. Orang terakhir yang dateng ke sekolah (karena aku juga bangunnya telatsih jadi yaa gitudeh hehe), namanya Dika.

Di perjalanan, kita ngobrol tentang hal remeh temeh politik, sampai pada akhirnya terjadi percakapan seperti ini:

Dika: “Eh, lu tau gak, hotman paris kan kecelakaan.”

Aku: “Oh ya? Gila diakan barangnya semua apa-apa mewah. Jam tangannya aja 1 milyar. Bayangin tuh jam tangan doang aja segitu.”

Dika: “Iya emang, dia pas itu pake Lamborghini nya yang 7 milyar itu. Ancur tuh Lamborghini.”

Aku: “Yaampun, sayang banget ya itu 7 milyar hangus cuman gara-gara ketabrak. Ah tapikan diamah masih banyak kali duitnya. Dia aja punya ruko yang harganya milyaran di daerah pusat di Jakarta kan?”

Dika: “Ya itusih biasa aja bagi diamah. Masih bisa beli baru, masih banyak yg di garasinya juga. Namanya juga pengacara. Duitnya banyak, bingung kali mereka ngabisinnya buat apa. Kayak temen bokap gue nih ya Put, dia itu pengacara juga. Masih pengacara biasalah belum se-kondang Hotman. Dia motornya bagus semua, nah anaknya juga dibeliin motor gede gitukan 2, satu lagi motor biasa gitukan. Eh motor gedenya itu dua-duanya ilang. Bayangin Put, dua-duanya ilang! *kasih efek dramatis*  Dan bapaknya tuh santai aja gitu, ga nyariin.”

Aku: “Hahaha gila tuhya. Sampe mereka bingung ya mau ngabisin duit mereka buat apa, kebanyakan duit. Mendingan buat aku aja ntar uangnya aku pake buat keliling dunia hehe kan lumayan tuh kalo dipake gabakalan abis juga ya uang mereka.”

Dika: “Ya emang duit mereka mah gabakalan abis.”

Aku: “Kalo gitu ceritanya kenapa mereka ga bagiin uangnya aja ya ke orang yang ga mampu gitu biar gaada tuh kesenjangan ekonomi dan sosial, terus biar gaada urbanisasi juga kan maksudnya dibagiin rata uangnya mereka bisa bangun usaha gitu di daerah mereka masing-masing kan enak. Lagian juga jadinya mereka itu ga bingung sendiri sama uangnya itu mau dipake buat apa.”

Tiba-tiba Dika diem. Aku ga ngerti kenapa dia diem. Apa dia lagi mikirin yang aku omongin apa dia lagi mikirin yang lain atau dia ga ngerti apa yang lagi aku omongin apa aku aja yang serasa ngomong sendiri apa ada ular didekat ilalang itu *salah*. Yang jelas tiba-tiba dia diem.

Akupun mencoba untuk menambahkan ,“Apa aku aja ya yang berfikir kayak gitu?”

Dan pada akhirnya Dikapun menjawab, “Ya makanya orang-orang di daerah itu masih pada mau ke Jakarta, mereka masih mau nyari duit. Di Indonesia ini emang perputaran uangnya adanya di Jakarta doang, jadi wajar aja kalo semua orang pengen tinggal di Jakarta. Namanya juga Negara berkembang.”

Sambil melanjutkan obrolan kami, akupun berpikir. Bener sih apa yang Dika bilang barusan. Terus aku mikir. Kalo kita nyari uang, terus uangnya udah kepake, terus abis itu kita ngapain? Nyari uang nya lagi, terus dipake lagi? Gitu aja terus sampai ladang gandum dihujani meteor coklat dan jadilah *produk sereal bergizi* #disensor. Nah aku mikir apa tujuan hidup kita begitu doang trus mati? Jadi hati kita tuh gaakan puas sampe kita mati. Kerjaannya ya cuman nyari uang, dipake, abis, nyari uang lagi, dipake lagi, abis lagi, gitu aja terus.

Dan ga tau gimana caranya, tiba-tiba dua kalimat tercetus dalam pikiranku

“Pantes aja ya banyak orang yang langsung bunuh diri. Mereka frustasi, dari yang bingung mau nyari duit gimana caranya sampe bingung mau ngabisin duit gimana caranya.”

Ketika orang yang hidup tidak memiliki tujuan yang bersifat kekal, mereka pasti akan cenderung depresi, lalu berusaha untuk bunuh diri. Ketika orang terobsesi pada sesuatu yang bersifat tidak tetap, maka tercapai atau tidak tercapai akan selalu membuat mereka pusing, lalu depresi, dan masuk rumah sakit jiwa karena terlalu gila.  


Emang jaman sekarang ini ya, aneh-aneeeeeeeeh aja.








Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Theme by: Pish and Posh Designs