Career Day "How to be a Journalist"

Senin, September 02, 2013

     Hai semuaya! Apa kabaar??? Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiat.... Hari ini, aku bakalan menceritakan keseharianku. Ga keseharian jugasih sebenernya, ini adalah event yang diadakan sekolahku tercinta setiap tiga bulan sekali, which is Career Day. Jadi, kali ini, career day nya tuh manggil seorang jurnalis, dan jurnalisnya iutuh menjadi seorang narasumber kali itu.
     
     Nah jadi, aku belajar tentang teknik gimana caranya ngambil gambar dengan baik, gimana caranya nanya dan buat pertanyaan dengan baik dan benar. Terus, beliau juga bercerita tentang bagimana keuntungan dan kekurangan menjadi seorang jurnalis, beliau juga ngejelasin tipikal dan berita yang disebut "beneran berita" tuh kayak gimana. 
     
     Jadi, mungkin aku bakalan jelasin disini aja ya, pertama dari definisinya itu sendiri. Mungkin klo ngedenger kata jurnalis, yg ada dipikiran kalian adalah oang yg bisa nulis berita, motret, dan ngerekam dalam satu waktu. Sebenernya itutuh bener, cuman ada 1 kalimat lgi yang kurang. Yang berpengaruh pada masyarakat luas. Nah itutuh penting, tapi suka dilupakan atau bahkan gaada yg tau kalo ada kalimat itu di definisinya. Jadi, tadi sempet bahas juga tentang jurnalis-jurnalis yg ngambil berita-berita infotainment atau gossip (maaf no offense ya), dan kalo pendapatku sendiri sih itu memang gabisa disebut jurnalis. Karena, mereka itu nyari berita yang bukan urusan public, jadi itutuh yaa gituuu.... 
     
     Nah terus aku juga diajarin dan dijelasin etika-etika dlam berjurnalis tu. Katanya, kitatuh gaboleh ganggu privacy orang, kita gaboleh sampe nekat lompat pager atau berbuat anarkis pas kita lagi mau nge-jurnal. Abis itu, kita juga diajarin kan cara buat pertanyaan yang baik, yg jelas bikin dulu 5W+1H.... Nah nantikan bisa berpencartuh di pecah lagi pertanyaannya. Terus ada kotak-kotak gitudeh kalo buat motret. agak ribet juga kalo dijelasin disini. Nah trus sempet ada bahasan, kalo blog itu masuk ke jurnal apa engga?
     
     Nah, sekarang aku bakalan bahas tentang ini. Jadi memang ada beberapa pendapat. Pendapat pertama jelas, mereka setuju kalau blog itu termasuk jurnal. Jadi kurang lebih, aku sedang menulis jurnal, mhihihi :D . Dan pendapat kedua ya kebalikannya. Mereka gasetuju kalo itutuh termasuk jurnal. Kalo akusih lebih setuju yag pertama. Apalagi setelah mentornya itutuh bilang kalo most of American people itutuh emang udah ninggalin baca mainstream media atau yg ska kita liat kayak koran dll. Mereka itu lebih sering baca blog sekarang. Mungkin itu aja buat hari ini, aku bakalan post atau edit postingan ini dan ngisi pake foto-fotonya, dan saatnya aku meningalkan kalian semua, semoga ini semua bermafaat, maaf kalo ada salah kata, byeee ;D.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Theme by: Pish and Posh Designs