Untuk Bita-- Part 1.

Minggu, Oktober 03, 2021

Sebuah cerita tentang 2 orang yang ulang tahunnya memiliki momentum hebat -- Versi 3 Oktober


Cerita ini sudah dibuat cukup lama, namun sengaja akan di terbitkan tepat di momen 3 Oktober. Sengaja, mau sekalian dijadikan sebagai hadiah kecil untuk satu teman yang paling baik. Sebenarnya ini dibuat menjadi 2 seri. Satunya lagi, seharusnya terbit di 3 September. namun apa daya, ketemunya sama yang Oktober duluan jadi maaf ya jika penanggalannya tidak urut. Hehe. Untuk kamu yang pasti sudah sadar siapa, ini sedikit ceritaku buat kamu. This probbs gonna sounds so cheezy kalo diceritain langsung, dan jujur aku juga agak geli, makanya I decided to just post this on my blogspot ehe. Semoga dia sukak! 


 


Setiap perpindahan sekolah, aku selalu mengalami masa-masa sendiri. Jelas, biasanya emang lompat dari satu sekolah ke sekolah lain, aku gapernah sekalipun bareng sama orang lain. pernah sih waktu transisi dari SMP ke SMA-- sebelum itu juga aku dan dia akhirnya pindah ke SMA yang beda. Yaa... kalo dipikir-pikir paling cuma sekitar 2 bulan bareng ehe. Dalam kesendirian, sering banget ngerasa asing. Ngerasa sepi. Dan jelas, ngerasa bingung. Dulu waktu SMP, aku bingung dan gatau apa itu boarding school. Yang aku tau ya cuma pesantren. Mondok. Ternyata ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan di boarding dan pesantren, yang baru banget kerasa setelah terjun langsung. 



Sebagai seseorang yang ambivert, hal pertama yang aku lakuin di setiap pertemuanku dengan lingkungan baru yaitu observing. Aku berusaha tau dulu di lingkungan ini seperti apa, bagaimana cara aku bisa meng-approach orang-orang yang ada disekitarku dan make friends with them. Dan karna lingkungannya jujur terasa sangat asing, butuh sedikit lama buat aku untuk benar-benar bisa discovering this new school. Agak kaget tapi gak se kaget itu sih, tapi agak ngerasa gak nyaman aja karna kok tumben-tumbennya berusaha adaptasi tapi prosesnya makan waktu yang cukup lama. Meskipun pada akhirnya aku menyadari bahwa adaptasi adalah pelajaran seumur hidup, aku sempat jengkel sama diriku sendiri. 


Ditengah-tengah proses adaptasi itu, aku ketemu dia. Yang sebenarnya cukup pendiam juga waktu pertama kali kenal, but I find my comfort tiap kali aku ngobrol sama dia. Jadi saat itu yang aku lakuin adalah meminta dia untuk nemenin aku. Gak nemenin dalam arti yang sesungguhnya sih, cuma aku banyak kenal belajar bahkan sampe menganggap diriku sudah cukup baik dari beradaptasi di sekolah baru ini, salah satunya adalah karna keberadaan dia. 


Pernah ada satu waktu, karna ada sedikit kesalahpahaman dll dsb, aku ngerasa left behind waktu itu haha. Ngerasa kayak gaenak banget pokoknya situasinya. Dan jujur, sedih banget, karna ngerasa masih butuh adaptasi, tapi kok posisinya malah bikin ganyaman buat bertahan. Dan waktu itu, ada Bita. Bita yang nemenin aku selama ngerasa down. Bita juga yang selalu ngajakin makan, dan nemenin istirahat. Dulu waktu aku SMP, dia masih SD. Jadi buat ketemu dia tiap istirahat, aku selalu ke kelas dia, di beda gedung. Satu kesamaan kita dari dulu sampe sekarang, suka baca buku. jadi dulu selama SMP, kita selalu aja ngantongin satu buku (HAHA IYA saku seragamku segede itu sampe muat lip balm, handsanitizer, sampe bayi 9 kilo kayaknya muat ehe pokoknya banyak deh). Nah karna sama-sama seneng baca buku, jadi sering banget istirahat ke kelas dia, duduk atau sebelumnya jajan dulu atau ambil snacks, trus baca buku aja dikelasnya atau sekedar ngobrol. Dua hal yang bikin aku ngerasa bahagia banget adalah karna: Satu, aku jarang banget bisa nemuin temen cewe yang sampe merasa sebegitu dekatnya. Dan bareng sama dia, aku ngerasa aku menemukan nyamanku disana. Kedua, meskipun kita dalam keadaan diam, aku gapernah nemuin sekalipun diamnya kita dalam situasi canggung. Mungkin itu juga yang jadi salah satu alasan aku tetep staying by her side. Mau diam mau riuh mau ngomong mau dengerin, aku selalu ngerasa bahagia. Bahagia yang jarang banget aku temuin ketika aku bareng sama temenku. Bahagia yang lengkap. 



Seiring berjalannya waktu, dia ketemu sama temen barunya, pun aku semakin merasa bahwa aku sudah bisa beradaptasi sepenuhnya di sekolah baruku. Aku sibuk sama duniaku, dan dia juga sibuk sama tugas dan teman-teman barunya. Masih tetap sering ketemu meskipun frekuensinya sudah jarang, tapi tetap aja bahagia. Salah satu momen yang selalu buat kita ketemu itu... hujan. 


Iya hujan. Dulu jaman SMP, kalo misal hujan gede, selalu panggil dia, dan ngajakin ujan-ujanan hehehehe. Suka nari-nari sendiri di lapangan parkir yang kalo diliat sama orang silinder 5 pasti lurus heuheu. Suka banget masih pake seragam, nyeker, langsung lari aja ke lapangan biasanya taro sendal atau sepatunya di lobby utama dulu. Kalau ngerasa lagi sepi, kita akan muter-muter main building aja, lari-lari sambil ketawa sendiri. Se simpel itu, se menyenangkan itu, dan sesuatu yang tidak dapat pernah dilupain. Memori indah yang hangat.


Terpisah karna berbeda sekolah di SMA, takdir mempertemukan kita lagi di kampus yang sama. At some point saat itu aku ngerasa 'hmm no wonder sih, mungkin biar enak juga bareng sama kakaknya. Bisa juga, karna emang kampusku-- kampus dia yang dulu-- punya fakultas psikologi top 5 di Indonesia'. Tapi sebagian dari hatiku bahagia, karna ada satu teman lagi yang kesini. Jadi bisa main, dan emang pengen banget bisa ngenalin dia sama indahnya Jogja.


Satu rutinitas lain yang pasti kulakuin kalo ada waktu senggang siang hari. 
Jemput dia hihi, nunggu depan fakultasnya. kangen abis ternyata(":

Tahun kedua menjadi salah satu tahun tersibukku sepanjang perjalanan kuliah S1. Wah, kacau sih kalo dibayangin lagi sekarang. Bisa sampe izin untuk gak ikut kuliah, kalau ditotal-total semester 3 itu sampai 2 bulan. Bukan bolos, karna banyak banget kegiatan yang harus diikuti. Selain itu juga, salah satu mimpiku untuk diterima di tim riset drone kampus akhirnya keterima. Jadi lengkap deh sibuknya. Gak tidur dan gak makan udah jadi bagian dari kegiatan sehari-hari. Bukan menyiksa diri sendiri, tapi karna harus mengejar ketertinggalan yang ada. Biar minimal, akademik, event, dan organisasi bisa tetap berjalan beriringan-- meskipun aku tahu sih saat itu aku ngerasa terseok banget. Satu bahagia lagi... untungnya ada dia. 


Dia yang selalu bisa bikin aku inget kalo aku harus makan gimanapun ceritanya. Satu yang selalu bikin sore kalo kerjaan udah kelar langsung mikir 'dia udah makan belum ya?' karena biasanya kalau makan mlam selalu pesen lewat aplikasi online, which means dia gak kemana-mana. Ya menurutku pribadi, gak sehat aja kalo misalkan di rumah terus, keluar cuma buat kelas atau ke kampus aja, mentok-mentok banget main sama temen barunya, itu juga jarang banget lagi. Sekalian buat aku ngambil break juga, kuputuskan buat sering ketemu dia buat makan malam. Biasanya abis shalat ashar, pasti keinget dia dan langsung nge chat 'jan gof*** ya, kita makan aja. hari ini mau makan apa tentuin aja aku ngikut'. Satu bar chat yang kalau udah dibales pasti akan kubalas lagi dengan 'ok', lalu ngelanjutin garapan sampe selesai dan cus ke kosnya dia. 


Mungkin ini terjadi hanya dia aku aja, atau kalian juga pernah ngerasain, tapi iya gak sih kalo emang udah keasikan jalan sama temen jadi lupa buat foto? Sering banget makan malem sama dia, ternyata waktu diliat galeri gaada tuh foto yang berdua. Bingung? Iya sama, lebih ke sedih sih soalnya quality timenya dapet banget tapi dimasa kayak sekarang, yang terkenang tinggal memori. Gak kebayang nanti semisal udah semakin tua, dan memori semakin hilang dimakan waktu, akan se mengerikan apa semisal gabisa ingat memori menyenangkan lagi. Tapi di akhir semester, aku harus terima kenyataan bahwa dia akan pindah ke negara orang, berjarak kurang lebih 2500km, aku harus menerima kenyataan pahit kalau ternyata makan malamku gaakan diisi oleh cerita dia betapa menyebalkannya kelas 7.30 lagi, atau betapa banyak tugas sebagai maba semester satu lagi, atau tentang perkenalan jurusan yang dia alamin, atau se sepele akhirnya tadi pergi ke masjid kampus dan ada quiz dadakan lagi. 




Aku menyukai rutinitas, dan saat itu dialah salah satu bagian dari rutinitasku. Waktu dia ngabarin kalau dia harus melanjutkan kuliah di kampus lain, aku gamang. Rutinitasku yang sangat stabil akan ada yang kosong. Satu pindah, terpukul sekali rasanya. Tapi waktu itu yakin banget sih kalau itu adalah pilihan terbaik yang dia ambil. Step yang cukup jauh yang dia raih, apalagi ternyata setelah aku denger ceritanya, itu adalah salah satu jurusan yang emang jadi impian dia daaari dulu. Meskipun sedih, aku merasa bahagia. Bahagia karna dia telah melewati satu batu loncatan buat meraih apa yang dia inginkan.



Kita udah banyak banget ngelewatin waktu bareng. Mungkin aja akan ada monmen-momen lain kedepannya. Mungkin aja setelah ini kita terpisah karna perjalanan masing-masing yang harus kita lanjut. Tapi satu hal yang harus dia tau, bahwa kapanpun dia butuh berhenti dan istirahat, aku akan selalu ada disini. Buat dia. Membuka peluk sehangat-hangatnya dan menyiapkan telinga seluas-luasnya untuk mendengar cerita. Entah cerita bahagia, sedih, keluh kesah, kebimbangan, amarah, apapun itu. Aku akan selalu ada disini, meski mungkin rasanya terlalu jauh untuk dijangkau, tapi aku tidak akan kemana-mana. Meski mungkin kamu sudah menemukan entah nanti teman dekat baru atau bahkan pasangan hidup, aku tetap akan disini, Bits. 





Buat yang ulangtahunnya ternyata bertepatan dengan hari kemerdekaan Negara Jerman...


Selamat ulang tahu, ya. Semoga semua yang terbaik selalu ada disisimu. Peluk jauh untuk kamu yang selalu bisa jadi satu sumber bahagianya aku, Bits. 




Kenangan perayaan ulang tahun bersama, 3 Oktober 2018


Ehe, ini si gatau tuh sadar apa engga. 
Lagi mau gelawak tapi seingetku ini jokesnya aku pernah buat sebelumnya (((((((":

Yang rempong sampe motor harus ngerem mendadak kaget tapi ngekek 😂













 











Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Theme by: Pish and Posh Designs