Seoul Part #1: Persiapan (Korea Selatan, 2018)

Jumat, Desember 14, 2018

Hai semua! Kali ini, aku mau sharing tentang pengalaman aku lagiii. Jadi, aku sekarang lagi ikut program summer course dari Korea University di… ya korsel lah. ):

Hm… sebelum aku memulai perjalananku ini, aku berencana untuk menuliskan semuanya—yang nantinya akan aku bagi menjadi 3 post. Kenapa 3 post? Karena aku bakalan posting ini di ig juga. Trus ngerasa agak lebih pas aja kalo aku bagi jadi 3 bagian hidup. Pengennya sih kepotongnya dari tiap exam. Jadi nanti aku akan mulai post ig buat persiapan, dan 2 lagi yang bakalan nyusul. Hehe.
SoHere I go!

PERSIAPAN





Semua itu berawal dari keisenganku yang sedang menilik ig story milik teman – temanku. Saat satu persatu muncul bergantian, tiba – tiba muncul salah satu foto dimana ia diterima di salah satu universitas tertua di Korea Selatan untuk mengikuti program kelas musim panas. Langsung saja aku hubungi, ceritanya penasaran—juga tertarik sama programnya. Ternyata benar, dan pendaftarannya diperpanjang hingga 3 hari kedepan! Langsung saja saya meminta restu orang tua, serta mengurus dokumen di universitas, untung aja kampus aku ini sangat cepat tanggap dalam merespons permohonan saya. Jadi, 3 hari itu selesai semua dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran, juga selesai pengurusan administrasinya. Setelah itu… baru deh siap – siap untuk buat visa. Nah dalam pembuatan visa ini, diperlukan surat persetujuan penerimaan aku sebagai mahasiswa disana, yang nantinya akan membantu proses pengurusan untuk permasalahan tempat tinggal dan sebagainya.



Setelah menunggu kurang lebih seminggu, aku dengan nekatnya langsung ke bogor untuk nantinya mengurusi visa. Habis kelamaan nungguin surat penerimaannya, lagipula nanti akan dikirim via post ke bogor jadi lebih baik aku nunggu dirumah aja. Nah waktu aku mau daftar, aku liat pasporku. Ternyata paspor itu harus 6 bulan aktif kalau kita mau kesana. Trus tau gak berapa lama lagi pasporku aktif?

Taugak?

Coba tebak…?

Ternyata…

Aktifnya pasporku itu…

Tinggal…

5 bulan 3 minggu.

SEDIH GAK KALO JADI SAYA?):

Mana 3 hari lagi itu libur lebara dan kedutaan libur


Trus aku bingung harus apa, pokoknya disitu aku udah putus asa banget.


Yaudahlah dicoba aja, saya urus paspor dulu sebelum lebaran, beres lebaran aku ngurus visa, gapapa telat asal masih bisa. Langsung setelah semuanya beres aku izin ke pengurus programnya—minta izin kalo misalkan aku telat. Takutnya dia nyariin aku kan atau gimanaa. Nah setelah beres semuanya aku tinggal liburan deh sama keluarga sekalian lebaran juga.


H-4 sebelum aku pergi, entah kenapa aku antusias banget buat packing barang. Walaupun tetep aja beresnya beberapa jam sebelum keberangkatan. Oh iya disini posisinya aku belum dapet visa dan belum beli tiket buat berangkat. Hmmm… tinggal doa aja bisanyaaa.

           H-2 sebelum keberangkatan, aku memutuskan buat (lagi – lagi) nekat dengan beli tiket tanpa harus tau dapet visa atau engga. Jadi di jadwal sih tulisannya tanggal 29, yaudah saya belinya 29 malam. Gatau deh gimana nanti jadinya.






Oh iya, aku kesini bawa satu koper besar yang kumasukkan di bagasi, satu koper kecil dan satu tas jinjing. Sebenarnya bisa aja sih cuma bawa koper satu dan tas jinjing, tapi takut nanti misal dari sini bawa barang lebih jadi gamuat. Daripada dipaksain mendingan tasnya agak kosong aja sedikit hehehe. Nanti buat tips and trick packing sama barang bawaan apa aja yang sekiranya enak dibawa aku post setelah selesai perjalanan aja yaaa.


                                              
Lanjut ke cerita inti…

Jadi…

Ternyata…


Allah itu Maha Baik.



Hari- H heberangkatan, aku dari siang diantar keluarga untuk ambil visa, dan langsung berangkat ke bandara, karna saat itu ada jembatan rubuh di satu lokasi yang buat macet di mana – mana. Jadi untuk mengantisipasi telat dan lain sebagainya, aku langsung berangkat dari siang. Meskipun jadwal terbangnya itu jam 23.25 WIB, aku sudah di bandara dari pukul 16.30 WIB dengan membawa paspor ditangan juga visa yang sudah ada didalamnya, hehehe. :3 

   

1 komentar :

Theme by: Pish and Posh Designs